Home » Berita » Halal Bi Halal Virtual FUSA UIN Raden Intan Lampung

Halal Bi Halal Virtual FUSA UIN Raden Intan Lampung


Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan suasana berbeda sejak adanya Pandemi Covid-19, terlebih lagi dengan adanya himbauan pemerintah tentang larangan mudik dan pembatasan kegiatan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Meskipun demikian, tidak mengurangi spirit untuk saling bermaaf-maafan di hari yang fitri serta mengeratkan tali silaturahmi lewat kegiatan Halal Bi Halal menggunakan metode online/virtual.

Halal Bi Halal secara online juga dilaksanakan oleh Civitas akademika Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung pada Jum’at (21/05). Segenap pimpinan dimulai dari Dekan, Wakil Dekan 1, 2 & 3, para Kaprodi & Sekprodi, para dosen, Kabag, Kasubag beserta staff JFU turut hadir dalam kegiatan Halal Bi Halal virtual yang diselenggarakan melalui platform Zoom Cloudmeeting.

Sebagai host dalam kegiatan Halal Bi Halal ini Wadek 3 FUSA, Dr. Idrus Ruslan, M. Ag. Pada pembuka kegiatan, Wadek 3 menyampaikan bahwa kegiatan ini selain ajang untuk silaturahmi dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H para civitas akademika FUSA UIN RIL setelah satu bulan lamanya berpuasa di bulan Ramadhan lalu, selain hal tersebut dalam kegiatan ini juga diadakan kirim doa bagi para almarhum dan almarhumah keluarga besar FUSA UIN RIL yang telah berpulang ke rahmatullah.

Dalam kata sambutannya, Dekan FUSA, Dr. M. Afif Anshori, M. Ag menyampaikan akan pentingnya menjaga ukhuwah dan silaturahmi meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19. Tradisi halal bi halal menjadi ciri khas di Nusantara yaitu saling mengunjungi antar sanak kerabat, tetangga dan handai taulan untuk mengeratkan tali silaturahmi. Dikarenakan kondisi pandemi saat ini, Halal Bi Halal masih bisa dilaksanakan secara online tanpa mengurangi makna untuk saling bersilaturahmi. Selain menyampaikan permohonan maaf secara pribadi dan keluarga kepada seluruh civitas akademika FUSA, Pak Dekan juga menyampaikan doa restu untuk proses pengobatan yang akan dijalaninya.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara doa bersama untuk keselamatan dunia akhirat para civitas akademika FUSA UIN RIL, serta mengirimkan doa bagi para arwah keluarga besar FUSA UIN RIL yang telah berpulang ke rahmatullah. Doa dipimpin oleh Wadek 1 FUSA, Dr. Abdul Malik Ghozali, Lc., MA, secara khidmat di aminkan oleh seluruh peserta Halal Bi Halal virtual. Sebelum doa dipanjatkan, Wadek 1 FUSA menyampaikan bahwa pada tahun 2020 dan 2021 merupakan tahun-tahun penuh duka dan kehilangan bagi keluarga besar FUSA.

Satu persatu peserta Halal Bi Halal menyampaikan ucapan hari raya serta permohonan maaf, suasana kekeluargaan sangat terasa dengan diselingi canda dan tawa. Kesan yang sangat mendalam bagi para civitas akademika FUSA UIN RIL yang mengikuti acara Halal Bi Halal ini meskipun dilaksanakan secara virtual. Pada bagian akhir sebelum menutup acara, host menyampaikan apresiasi atas atensi dan spirit kekeluargaan segenap civitas akademika FUSA UIN RIL dalam kegiatan Halal Bi Halal virtual ini. (NA)