Home » Berita » Ahli Filologi dari Russia menutup rangkaian Visiting Lecturer FUSA

Ahli Filologi dari Russia menutup rangkaian Visiting Lecturer FUSA


Bandar Lampung: Menutup rangkaian Visiting Lecturer Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Raden Intan Lampung, dalam kesempatan ini, pada Kamis 21 November 2019, FUSA menghadirkan Prof. Dr. Irina R. Katkova, guru besar di The Faculty of Oriental Studies, St. Petersbug State University – Russia.

Kajian yang disampaikan Irina pada kuliah kunjungan ini bertema: ”Philology in The Study of Sufism.” Prof. Irina di hadapan puluhan mahasiswa FUSA dari berbagai prodi memaparkan bahwa banyak dijumpai naskah klasik di Indonesia yang berbicara tentang tasawuf yang belum dieksplorasi oleh peneliti. Padahal naskah-naskah itu kaya informasi yang dapat digali untuk bahan penelitian studi naskah.

Sebagaimana diketahui bahwa sufi berperan dalam penyebaran Islam di Indonesia. Karena para Walisongo yang menjadi pelopor penyebaran Islam di tanah jawa, mereka adalah para pelaku ajaran tasawuf. Tidak heran tarekat tasawwuf di Indonesia berkembang pesat dan berpengaruh, seperti tarekat Naqsabandiyah, Syaziliyah, Syatiriah dll.

Meskipun Irina tidak fasih berbahasa Indonesia, tapi sering ia berusaha menyampaikan materi dengan bahasa Indonesia, di samping bahasa inggris. Tentunya ini memberikan stimulasi kepada mahasiswa FUSA untuk intensif memperdalam bahasa Inggris sebagai bahasa internasional selain bahasa Indonesia.

Dengan antusiasme yang tinggi mahasiswa FUSA menyimak pemaparan materi oleh Prof. Irina, yang ditutup sesi tanya-jawab. Visit Lecturer ini juga dihadiri pimpinan fakultas dan program studi di lingkungan FUSA. (AMG)