Kurang lebih sebanyak 700 mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama mengikuti Stadium General di GSG UIN Raden Intan Lampung, Rabu (28/8).

Wakil Rektor Bidang I, Dr. Alamsyah,  M. Ag. berkesempatan menyampaikan sambutan sekaligus membuka Stadium General Fakultas Ushuludidn dan Studi Agama. Dalam sambutannya, Beliau berpesan bahwa ” Sebagai mahasiswa marilah memperkuat diri demgan ilmu-ilmu keislaman. Jika tidak, nilai-nilai agama akan semakin runtuh karena akan berintegritas dengan ilmu sosial dan ilmu barat yang akan membentuk peradaban-peradaban kebudayaan bangsa yang lebih maju”.

Selaku narasumber Dr. H. sastro Ngatawi, MA. Sebagai Dosen Sosiologi Universitas Nahdhatul Ulama Indonesia yang juga pernah menjadi Ajudan Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid, mengatakan bahwa, “Sebagai negara dengan mayoritas muslim,  Islam memiliki peran penting dalam menghadapi gerakan ekstrim (liberal serta intoleran dan radikal). Namun demikian, tidak semua faham Islam bisa digunakan sebagai benteng menolak komunisme dan terorisme karena ada gerakan fundamentalis yang menebarkan teror atas nama islam”.

Para mahasiswa antusias dalam mengajukan pertanyaan kepada narasumber, beberapa pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh narasumber dengan ciri khas suara seraknya. Kemudian dari panitia, memberikan apresiasi berupa bingkisan kepada para mahasiswa yang bertanya tersebut.

Pada akhir sesi, narasumber menyatakan bahwa keberagaman yang ada di Indonesia merupakan anugerah dan sekaligus tantangan bagi seluruh warga negara. Islam yang menjadi agama mayoritas, menjadi penting fungsi moderasi nya untuk keutuhan NKRI. Indonesia itu beragam dan beragama, masing-masing penduduknya mempunyai nilai-nilai kearifan dalam menjalankan kehidupan berbangsa. (NY)