Home » Berita » PBAK FUSA 2019

PBAK FUSA 2019


Apel pagi pembukaan PBAK Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Selasa (5/7)

Pekik semangat para mahasiswa baru menggelegar keseluruh penjuru   halaman dekanat Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, menandai dimulainya proses Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) Tahun 2019, Selasa (5/7).

Mengusung jargon “Leading Innovation on Islamic Studies”, Fakultas Ushuluddin menunjukkan berbagai peningkatan dalam berbagai bidang, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Pada tahun ini jumlah mahasiswa baru sebanyak 730, dengan rincian untuk Prodi Aqidah dan Filsafat Islam sebanyak 68 mahasiswa, Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir sebanyak 112 mahasiswa, Prodi Studi Agama-Agama sebanyak 58 mahasiswa, Prodi Pemikiran Politik Islam sebanyak 71  mahasiswa, Prodi Psikologi Islam sebanyak 177  mahasiswa, Prodi Sosiologi Agama sebanyak 212   mahasiswa, dan Prodi Tassauf dan Psikoterapi sebanyak 32 mahasiswa.

Proses PBAK Fakultas dimulai dengan apel pagi sejak jam 07.00 WIB, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Dr. M. Afif Anshori, M.Ag menyampaikan pesan lewat sambutannya, “ Dengan PBAK mari kita ciptakan budaya akademik kampus yang mencerminkan religiusitas dan intelektualitas para mahasiswanya”, lebih lanjut Dekan menyampaikan bahwa “ Seluruh mahasiswa mesti mengikuti setiap agenda PBAK secara menyeluruh agar mendapatkan pemahaman secara lengkap tentang budaya akademik kampus UIN Raden Intan Lampung”.

Setelah apel pagi selesai, para mahasiswa baru menuju ke beberapa ruang yang telah disiapkan oleh panitia. Pada sesi pertama ini, para mahasiswa baru mendapatkan informasi mengenai Visi dan Misi Fakultas. Untuk Prodi IAT, SAA, dan TP, kegiatan berlangsung di Ruang Sidang Dekanat Lantai 3, dengan pemateri Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama. Untuk Prodi PPI dan AFI, kegiatan berlangsung di Ruang LSQ, dengan pemateri Wadek I, Dr. Abdul Malik Ghazali, Lc., MA. Selanjutnya untuk Prodi Psikologi Islam, kegiatan berlangsung di Ruang MR 1, dengan pemateri Wadek II, Dr. Shonhaji, M. Ag. Dan untuk Prodi Sosiologi Agama, kegiatan berlangsung di Ruang MR 4, dengan pemateri Wadek III, Dr. Idrus Ruslan, M.Ag.

Pada sesi berikutnya, para mahasiswa baru mendapatkan informasi terkait SIAKAD dan pengisian KRS online yang disajikan oleh staff akademik fakultas dan operator PTIPD kampus, setelah selesai kemudian para mahasiswa baru ISHOMA.

Para Kaprodi dan Sekprodi tampil memperkenalkan Prodinya masing-masing kepada para mahasiswa baru selepas istirahat. Ruang diskusi dan pemaparan keunggulan masing-masing Prodi, ditampilkan dengan maksimal oleh para Kaprodi dan Sekprodi. Disela-sela pemaparan prodi, juga dijaring minat dan bakat para mahasiswa baru untuk bidang olahraga dan seni.

Serangkaian proses PBAK Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama ditutup dengan acara apel sore, seiring surya tenggelam diufuk barat, para mahasiswa baru kembali ke rumah masing-masing membawa kesan yang menyenangkan terhadap budaya akademik kampus UIN Raden Intan Lampung. (NA/RA)