Home » Berita » Aksi Solidaritas Prodi Psikologi Islam FUSA UIN RIL di Tanggamus

Aksi Solidaritas Prodi Psikologi Islam FUSA UIN RIL di Tanggamus


Dengan mengusung spirit kesetiakawanan berlandaskan hadits Rasul: “Allah SWT akan menolong seorang hambaNya, selama hamba itu senantiasa menolong saudaranya (HR. Muslim)”, seluruh elemen Prodi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, UIN Raden Intan Lampung yang terdiri dari mahasiswa dan para dosen, melakukan pengumpulan donasi untuk meringankan penderitaan saudara-saudara korban banjir dan tanah longsor di daerah Semaka Kabupaten Tanggamus.

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa telah terjadi bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda enam pekon di Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus, Jumat (10/01).

Para mahasiswa Psikologi Islam yang dikoordinir Himpunan Prodi merasa perlu melakukan aksi untuk menunjukkan empati dan mengimplementasikan teori psikologi altruisme, yaitu ikut merasakan apa yang saudara-saudara korban bencana banjir dan tanah longsor rasakan, dengan memberikan bantuan yang dikumpulkan secara kolektif.

Sebelum melakukan pemberian bantuan, para mahasiswa melakukan koordinasi dengan Kapolsek Kecamatan Semaka, Iptu. Heri Yulianto. Menurut informasi yang diperoleh, bantuan yang dibutuhkan di lokasi terdampak banjir dan tanah longsor adalah berupa alat tulis siswa.

Berdasarkan informasi tersebut, maka para mahasiswa dibantu para dosen Psikologi Islam, membeli perlengkapan sekolah siswa berupa; tas, buku, pena, pensil, peraut pensil dan kotak pensil. Perlengkapan sekolah tersebut dibuat menjadi paket bingkisan, dan dari dana yang ada didapatkan enam puluh (60) paket bingkisan perlengkapan sekolah. Selain perlengkapan sekolah, dibeli juga perlengkapan bayi (baju bayi, kasur bayi, selimut bayi,pampers), pakaian dalam, perlengkapan solat (mukena dan sarung).

Pemberian bantuan dilakukan pada Kamis, 23 Januari 2020. Tim yang melakukan pemberian langsung ke lokasi bencana terdiri dari pimpinan Fakultas yang diwakili Wadek III, Dr. Idrus Ruslan, M.Ag, Kaprodi Psikologi Islam, Abd. Qohar, M.Si, serta Sekretaris LP2M UIN RIL, Dr. Ali Abdul Wakhid, M.Si. Selain dari unsur pimpinan, perwakilan mahasiswa juga turut serta dalam pemberian bantuan, diantaranya yang ikut dari Ketua HMPS Psikologi Islam, Reza Hastuti, Alifia Humairo, Umi Rahmawati, Yuma dan Tomi.

Sebelum berangkat, Dekan FUSA, Dr. M. Afif Anshori, MA berpesan kepada tim, “semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi para korban, serta mengapresiasi aksi yang dilakukan para mahasiswa Psikologi Islam sebagai bentuk aktualisasi positif, semoga dapat menginspirasi mahasiswa lainnya”.

Bantuan diserahkan langsung ke Posko Bencana di Kecamatan Semaka, yang diterima oleh Sekcam Semaka, Kapolsek Semaka, serta unsur dari enam pekon. Selanjutnya bantuan akan didistribusikan kepada korban terdampak banjir dan tanah longsor berdasar data yang ada. (NA)