Home » Berita » Laboratorium Psikologi Islam Gelar Webinar Pengenalan Software Analisis Statistik JASP

Laboratorium Psikologi Islam Gelar Webinar Pengenalan Software Analisis Statistik JASP


Mengusung semangat untuk selalu mengembangkan inovasi terkini dalam dunia akademik. Walaupun dihadapkan dengan situasi pandemik Covid-19, namun semangat dan sinergi yang dicurahkan oleh para dosen dan mahasiswa Prodi Psikologi Islam selalu terjalin dengan baik melalui berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan Webinar.

Kegiatan Webinar dengan platform media sosial telah dilakukan oleh Prodi Psikologi Islam beberapa kali selama pandemi covid-19, hal tersebut dilakukan semata-mata untuk terus memberikan pembelajaran kepada mahasiswa meskipun dari rumah saja, tanpa terhalang oleh keadaan pandemi saat ini.

Pada kesempatan kali ini Laboratorium Psikologi Islam dan para mahasiswa bersinergi dengan CORPUS (Center of Research and Publication) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung, berupaya untuk memberikan pengetahuan mengenai software analisis statistik terbaru. Software tersebut ialah JASP (Jeffreys’s Amazing Statistics Program), software analisis statistik online tanpa berbayar (open-source)

Software ini dianggap akan memudahkan proses analisis statistik yang dapat digunakan oleh para peneliti, terlebih bagi para peneliti yang sudah tidak asing dengan software SPSS maka software JASP diusung dengan kelebihan-kelebihan yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Webinar JASP rencananya akan diselenggarakan menggunakan aplikasi Zoom pada hari Jum’at tanggal 10 Juli 2020 pukul 08.30-10.00 WIB dengan pemateri yakni dosen Statistika dan Pengukuran Psikologi Islam, Drs. M Nursalim Malay, M.Si, serta dimoderatori oleh salah satu dosen Prodi Psikologi Islam, Citra Wahyuni, M.Si.

Selaku pemateri, Drs. M Nursalim Malay, M.Si, mengatakan “software ini akan memudahkan kita semua dalam proses analisis data kuantitatif, karena lebih praktis untuk digunakan dan software ini pun tidak berbayar (open-source)”.

Selanjutnya Kaprodi Psikologi Islam, Abd. Qohar, M.Si, menyatakan bahwa kegiatan Webinar seperti ini akan terus dilakukan sembari memperhatikan protokol kesehatan, karena walaupun kita semua dihadapkan dengan situasi pandemi covid-19, tetapi proses belajar adalah tuntutan kita semua sebagai seorang akademisi, sehingga kita sudah harus siap untuk menyesuaikan diri dengan keadaan saat ini tanpa harus kehilangan sebagian kualitas diri kita sebagai seorang akademisi.

Salah satu calon peserta Webinar JASP, Dimas Prastia menyatakan mengenai ketertarikannya untuk mengikuti webinar ini adalah karena ia sedang proses penyusunan skripsi dan software ini adalah software terbaru jadi ingin mempelajarinya lebih dalam, sehingga dapat lebih mempermudah proses penelitian skripsinya.

Harapannya, webinar semacam ini akan terus diselenggarakan secara kontinu dan dengan tema yang variatif, agar mahasiswa tetap terus bisa belajar mengasah kompetensinya meskipun dari rumah saja. (IS)