Sasaran Pencapaian

 

Sasaran yang akan dicapai oleh Fakultas Ushuluddin adalah menghasilkan lulusan yang mampu menguasai dan mengembangkan sekaligus mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi, utamanya di bidang ilmu-ilmu keushuluddinan dan sosial; yang diperoleh melalui proses belajar mengajar yang bermutu; yang didasarkan pada nilai-nilai keislaman yang kuat sehingga dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi agama, masyarakat dan negara. Secara lebih rinci, sasaran dapat diidentifikasi pada beberapa pointers di bawah ini :

  1. Memiliki kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pasar kerja serta perkembangan IPTEK yang berbasis Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasionmal Indonesia (KKNI).
  2. Memilki manajemen yang profesional dalam pengelolaan Tridharma Perguruan Tinggi.
  3. Memiliki sarana dan prasarana perkuliahan yang berbasis multimedia.
  4. Tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang professional, baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan.
  5. Terwujudnya atmosfir akademik melalui penelitian, pengabdian dan seminar yang melibatkan dosen dan mahasiswa
  6. Terwujudnya kerjasama dengan perguruan tinggi lain, lembaga pemerintahan, swasta, ormas, organisasi keagamaan dan lain-lain.
  7. Menghasilkan lulusan yang siap pakai di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan bidang keilmuannya.

Strategi Pencapaian

 

Untuk mewujudkan sasaran yang akan dicapai strategi yang dilakukan antara lain adalah :

  1. Mengembangkan kurikulum yang diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat dan pasar kerja, sehingga diharapkan para lulusan fakultas Ushuluddin mampu berkompetisi di pasar kerja baik dalam lingkup daerah maupun nasional. Untuk itu pada tahun 2013 melakukan workshop penyempurnaan kurikulum dan pada tahun 2015 melaksanakan kegiatan Kuriukulum Kerangka Nasional Indonesia (KKNI)
  2. Meningkatkan kompetensi dan keahlian para dosen dan tenaga kependidikan melalui pelatihan dan workshop menejemen dalam peningkatan mutu pelayanan berdasarkan Standar Operasional (SOP)
  3. Melengkapi fasilitas kantor, sarana dan prasarana perkuliahan seperti ruang multimedia, hotspot area, common room, LCD, jurnal, buku-buku. Dan Meningkatkan pelayanan sistem manajemen dan administrasi akademik melalui jaringan SIAKAD (Sistem Informasi Akademik on-line).
  4. Memfasilitasi dan memotivasi dosen dan tenaga kependidikan untuk megikuti studi lanjut.
  5. Menyelenggarakan kegiatan diskusi dosen, seminar daerah dan nasional, workshop, penelitian dan pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa pada setiap program studi.
  6. Melakukan kerjasa sama dengan berbagai instansi baik negeri dan swasta, perguruan tinggi, ormas, organisasi keagamaan, parpol dan lain-lain.
  7. Membekali mahasiswa dengan berbagai keterampilan melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan.